Senin, 06 September 2010

tuhan berusaha, manusia menentukan

*hari itu ibu saya, dengan antusias cerita tentang kalimat yang baru dia kutip, "tuhan berusaha, manusia menentukan" dari seorang motivator Bpk. Yudho purwoko..

Pertama denger, saya pikir itu kalimat yang cukup "nakal" dan berani... Itu saya lihat waktu saya post kalimat itu ke twitter... Beberapa teman saya langsung bingung, dan ada. Beberapa yang menolak, bahkan mengutuk saya, mungkin kita sering mendengar bahwa manusia berusaha dan tuhan yang menentukan, dan itu telah mengakar ke dalam otak kita, mungkin teraplikasikan ke mental kita..

Ya,
Mungkin itu yang malam ini akan saya bahas...
"Kurang ajar" mungkin itu yang akan kita ucapkan kalo denger kalimat itu, atau bahkan tertawa menganggap ga masuk akal...

Kita ambil cerita...
Saya mengutip ayat, QS: albaqoroh ayat 30 (untung saya pernah sekolah di pondok hehe) allah menciptakan kita sebagai khalifah (pemimpin) di bumi ini...
Poin pertama bahwa kita tidak di ciptakan untuk menjadi seorang yang kesusahan, bodoh, jahat, miskin, penyakitan, bahkan terpuruk tidak berdaya...
Tuhan telah memberi kesempatan hidup, meniupkan nyawa dan memberikan apa yang kita butuhkan...

Poin kedua adalah asma alhusnah, tuhan mempunyai sifat ADIL... Adil saudara-saudara ku..kita pasti tahu arti kata adil walau sulit untuk melakukannya..
Coba kita pikirkan lagi.. Adil tidak ketika seseorang sudah berusaha mati-matian tapi harus pasrah oleh ketentuan... Ingat tuhan mungkin hanya menentukan takdir kelahiran, jenis kelamin, dan kematian. Jodoh dan rezeki walau dikatakan ditangan tuhan, tapi kita lah yang harus mengambilnya. Ingat poin pertama, tuhan tidak menciptakan penjahat. Tetapi kita lah yang menentukan ingin jadi apa.
Ada hak kita sebagai hamba untuk meminta, untuk menentukan.
Saya ingat kata ustadz(guru) saya di pondok. "Berdoa lah, ada 3 kejadian setelah doa yaitu dikabulkan, diganti, dan ditunda"

Jadi saya masih menganggap bahwa tuhan berusaha, manusia menentukan.
Saya yang akan menentukan akan jadi apa... Saya meminta, dan tuhan pasti mengabulkan...
Amiin...

*untuk sebuah sikap optimis, berani, dan bermimpi besar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar